Senin, 28 Juni 2010

KELOMPOK KERJA GURU PENJAS ORKES ( KKGPO ) KABUPATEN NUNUKAN

KELOMPOK KERJA GURU PENJAS ORKES( KKGPO ) KABUPATEN NUNUKAN

PROGRAM SEMESTER

Satuan pendidikan : Sekolah dasar ( SD ) / Madrasah ibtidaiyah ( MI )

Mata pelajaran : Pendidikan jasmani dan kesehatan

KELAS : II ( DUA )

Semester : I ( SATU )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

1

1.Memperaktekkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Memperaktekkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan menyenagkan dan nilai kerjasama , toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai sendiri

1.2 Memperaktikkan gerak dasar memutar, mengayun , menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama , toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri

1.3 Memperaktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama , toleransi, kejujuran , tanggung jawab, mengghargai lawan dan memahami diri sendiri.

2

2.Memperaktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Memperaktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan

2.2 Memperaktikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai disiplin dan estetika

2.3 Membiasakan bergerak dengan benar

3

3.Memperaktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Memperaktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat : melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah

3.2 Memperaktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri

4

4 memperaktikkan keterampilan dasar ritmik di orientasikan dengan arah dan ruang dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

4.1 Memperaktikkan gerak ritmik ke depan , ke belakang ataupun samping secara berpasangan dengan iringan music, dan nilai kerjasama

4.2 memperaktikkan gerak ritmik di orientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan music, serta nilai disiplin dan kerjasama

5

5. Menerapkan budaya hidup sehat

5.1 Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan telinga

5.2 Memilih makanan bergizi

KELAS : II ( DUA )

Semester : II ( DUA )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

6

6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

6.1Memperaktikkan latihan dasar untuk meningkatkan kekutan otot dada, otot puggung, dengan mengikuti aturan

6.2Memperaktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengikuti aturan

7

7.Mempraktikkan Senam Ketengkasan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

7.1Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan melompat dan berputar 90 derajat saat di udara melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan

7.2Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan berguling ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik

8

8. Mempraktikkan ketrampilan dasar ritmik diorientasikan denganarah dan ruang dengan menggunakan atau tanpa musi, memiliki pengetahuan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

8.1Mempraktikkan ketrampilan dasar gerak ritmik yang beroriaentasi pada arah dan ruang secara berpasangan, menggunakan musik, serta nilai kerja sama dan disilin

8.2Mempraktikkan ketrampilan gerak dasar ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerja sama dan disiplin

9

9.Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

9.1. Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai untuk mengangkat tubuh di dalam air

9.2. Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri dari air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain serta nilai kebersihan.

9.3. Mempraktikkan gerak dasar renang : mengapung, menenggelamkan didri di dalam air, bernafas, serta nilai – nilai disiplin

10

10. Mempraktikkan kegiatan Jasmani di lingkungan sekolah, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

10.1. Mempraktikkan berbagai aktifitas fisik lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan

10.2. Mengikuti ramb – rambu peraanan di lingkngan seklah secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan dan kerja sama serta disiplin

10.3. Membiasakan mengunakan pakaian dan sepatu yang sesuai

11

11.Menjaga Budaya Hidup sehat

11.1. Menjaga kebersihan tangan dan kaki

11.2. Mengenal cara makan yang sehat

KELOMPOK KERJA GURU PENJAS ORKES( KKGPO ) KABUPATEN NUNUKAN

PROGRAM SEMESTER

Satuan pendidikan : Sekolah dasar ( SD ) / Madrasah ibtidaiyah ( MI )

Mata pelajaran : Pendidikan jasmani dan kesehatan

KELAS : III ( TIGA )

Semester : I ( SATU )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

1

1.Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama

1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama

1.3.Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dg koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama

2

2.Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

2.1Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin

2.2Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin

3

3.Mempraktikkan gerakan senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

3.1Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian

3.2. Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangka-san dasar, serta nilai keselama-tan, disiplin dan keberanian

4

4.Mempraktikkan gerak dasar melalui aktifitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

4.1Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana tanpa musik, serta nilai percaya diri dan disiplin

4.2 Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama

5

5.Menerapkan budaya hidup sehat

5.1 Menjaga kebersihan pakaian

5.2. Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat

KELAS : III ( TIGA )

Semester : II ( DUA )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

6

6.Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

6.1Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordina-si yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan meng-hargai lawan atau diri sendiri

6.2Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, mene-kuk lutut, menga-yun lengan dan meliukkan badan dengan koordina-si gerak yang baik dalam per-mainan sederha-na, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri

6.3Mempraktikkan kombinasi gerak dasar menvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordi-nasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain

7

7.Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin dan keselamatan

7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin

8

8.Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1 Mempraktikkan senam ketangka-san sederhana tanpa alat, dan nilai disiplin

8.2 Mempraktikkan senam ketangka-san yang agak kompleks meng-gunakan alat dan nilai disiplin

9

9.Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

9.1 Mempraktikkan gerakan lokomo-tor dalam gerak ritmik diorienta-sikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan atau tanpa menggu-nakan musik serta nilai percaya diri dan disiplin

9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktifitas ritmik yang berorientasi pada arah ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa musik serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama

10

10.Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilainilai yang terkandung di dalamnya

10.1Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihannya

10.2 Mempraktikkan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihannya

10.3 Mengkombi-nasikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihannya

11

11. Mempraktikkan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerja sama, memper-hatikan faktor keselamatan

11.2 Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah

11.3 Mempraktikkan penjagaan kese-lamatan diri dan orang lain selama melakukan akti-vitas dilingku-ngan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan

12

12. Menerapkan budaya hidup sehat

12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza

12..2 Mengenal Kebersihan linkungan

KELOMPOK KERJA GURU PENJAS ORKES ( KKGPO ) KABUPATEN NUNUKAN

PROGRAM SEMESTER

Satuan pendidikan : Sekolah dasar ( SD ) / Madrasah ibtidaiyah ( MI )

Mata pelajaran : Pendidikan jasmani dan kesehatan

KELAS : IV ( EMPAT )

Semester : I ( SATU )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

1

1. Mempraktikan gerak asar permainan sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

1.1 Mempraktikan gerak dasar dan permainan bola kec sederhan dengan peraturan yang dimo difikasi serta nilai kerjasama sportivitas da kejujuran

1.2 Mempraktikan geraka dasar atletik sederhana

1.3 Mempraktikan gerak Dasar permainan bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran

2

2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Mempraktikan aktivitas permainan sederhana Untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot, serta nilai kerja keras dan disiplin

2.2 Mempraktikan aktivitas permainan untuk melatih dan koordinasi serta nilai

kerja keras

3

3 Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktik an gerak kombinasi senam lantai tanpa alat dengan memeperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin dan nilai keberanian

3.2Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai dengan alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai- nilai disiplin serta keberanian

4

4 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

4.1Mempraktikan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu menggunakan musik serta nilai estetika

4.2 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai estetika

5

5 Menerapkan budaya hidup sehat

5.1 Menjaga kebersihan rumah dan sekolah

5.2Membiasakan membuang sampah pada tempatnya

KELAS : IV ( EMPAT )

Semester : II ( DUA )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

6

6 Memmpraktikan gerak dasar ke dalam permainan bola kecil dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

6.1Mempraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang domodifikasi, serta nilai-nilai kerja sama regu sportifitas, dan kejujuran

6.2Mempraktikan dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja regu, sportifitas dan kejujuran

6.3. Mempraktikan gerak dasar atletik yang dimodifikasi lompat, loncat dan lompat

7

7 Mempraktikan latihan kebugaran yang lebih komplek untuk meningkatkan ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

7.1 Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama dan kejujuran

7.2Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama dan kejujuran

8

8 Mempraktikan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nialai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1 Mempraktikan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama dan estetika

8.2.Mempraktikan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerjasama

9

9 Mempraktikan ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

9.1 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur

9.2 mempraktikan kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur secar beregu menggunakan musik, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika

10

10 Mempraktikan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikan gerak dasar meluncur, meggerakan tungkai menggerakan lengan serta nilai kebersihan

10.2. Mepraktikan cara bernapas renang gaya bebas

10.3.Mepraktikan dasar-dasar keselamatan di air

11

11. Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

11.1 Mempraktikan berbagai ketrampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai kerjasama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan

11.2 Mempraktikan aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan

12

12 Menerapkan Budaya Hidup sehat

12.1 Menjaga beberapa upaya dalam menjaga kebersihan lingkunga

12.2. Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit

KELOMPOK KERJA GURU PENJAS ORKES ( KKGPO ) KABUPATEN NUNUKAN

PROGRAM SEMESTER

Satuan pendidikan : Sekolah dasar ( SD ) / Madrasah ibtidaiyah ( MI )

Mata pelajaran : Pendidikan jasmani dan kesehatan

KELAS : V ( LIMA )

Semester : I ( SATU )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

1

1.Mempraktekkan gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

1.1Mempraktekkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran

1.2 Mempraktekkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran

1.3 Mempraktekkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin

2

2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandun dalamnya.

2.1Mempraktekkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot

2.2Mempraktekkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas

gerak yang meningkat Anggota badan bagian atas

3

3.Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

3.1Mempraktekkan latihan peregangan dan pelemasan

3.2 Mempraktekkan bentuk senam ketangkasan dalam

meningkatkan koordinasi nilai percaya diri

4

4.Mempraktekkan berbagai gerak dasar gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

4.1 Mempraktekkan pola jalan lari dan lompat dalam gerak

4.2 Mempraktekkan kombinasi pola gerak jalan lari dan lompat

ritmik

5

5.Menerapkan budaya hidup sehat

5.1Mengenal dan menjaga alat kebersihan alat reproduksi

5.2.Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual

KELAS : V ( LIMA )

Semester : II ( DUA )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

6

6. Mempraktekkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

6.2. Mempraktekkan variasi gerak dasar kedalam modifikasi salah satu permainan bola kecil serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran

6.3. Mempraktekkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin

7

7.Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

7.1. Mempraktekkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah

7.2. Mempraktekkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat

8

8. Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

8.1.Mempraktekkan sebuah rangkaian senam ketangkasan

8.2. Mempraktekkan bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik

9

9. Mempraktekkan gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

9.1.Mempraktekkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk liuk, memutar, dan gerak berirama serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin

9.2. Mempraktekkan satu pola gerak berirama berstruktur dengan konsisten serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin

10

10. Mempraktekkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

10.1Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung serta nilai keberanian dan percaya diri

10.2Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung

11

11.Mempraktekkan penjelajahan sekitar sekolah dan nilia-nilai yang terkandung di dalamnya

11.1Mempraktekkan pembuatan rencana penjelajahan

11.2Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah

12

12.Menerapkan budaya hidup sehat

12.1.Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan

12.2Mengenal bahaya minuman keras

KELOMPOK KERJA GURU PENJAS ORKES ( KKGPO ) KABUPATEN NUNUKAN

PROGRAM SEMESTER

Satuan pendidikan : Sekolah dasar ( SD ) / Madrasah ibtidaiyah ( MI )

Mata pelajaran : Pendidikan jasmani dan kesehatan

KELAS : VI ( ENAM )

Semester : I ( SATU )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

1

1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

1.1Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran

1.2.Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran

1.3.Mempraktikan gerak dasar dalam tehnik lari lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran

2

2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

2.1Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur tubuh

2.2Mempraktikan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan,serta nilai keselamatan,disiplin dan kerjakeras.

3

3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

3.1Mempraktikan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam

3.2 Mempraktikan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus,jelas,lancer serta nilai-nilai percaya diri,disiplin dan estetika

4

4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

4.1.Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalandan lompat secara berpasangan, serta nilai-nilai kerja sama disiplin dan estetika

4.2 Mempraktikan gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika

5

5. Menerapkan budaya sehat

5.1 Mengenal bahaya narkoba

5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba

KELAS : VI ( ENAM )

Semester : II ( DUA )

NO / BAB

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KET

6

6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permaianan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung diodalamnya

6.1 Mempraktikan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, s[ortifitas dan kejujuran

6.2 Mempraktikan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama, sportitaS dan kejujuran

6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportifitas dan kejujuran

7

7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

7.1 Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan

7.2 Mempraktikan peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin

7.3 Mempraktikan aktifitas kondisi fisik secara terencana dan sungguh-sungguh

7.4 Mempraktikan aktifitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran, serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras

8

8.Mempraktikan kombinasi senam lntai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, nilai-nilai yang terkandung didalamnya

8.1 Memoraktikan kombinasi gerak senam lantai dan ketangkasan dengan konsisten, control yang baik serta nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama

8.2 Mempraktikan kombinasi bentuk-bentuk gerak senam lantai dan ketangkasan dengan koordinasi, control yang baik serta nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama

9

9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sesderhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang tetrkandung di dalamnya.

9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai-nilai kerh\jasama, disiplin dan estetika.

9.2 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu serta nilai kerjasama disiplin dan estetika.

10

10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan pada renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang ;lebih baik serta nilai-nilai keberanian, disiplin dan estetika.

10.2 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air..

11

11. Mempraktikkan aktifitas penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terjandung di dalamnya.

11.1 Mempraktikkan aktifitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.

11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.

12

12. Menerapkan budaya hidup sehat

12.1 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba.

12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kami tunggu kritik dan saran, demi kemajuan sekolah kami....